Photobucket

MARI BELAJAR INTERNET BERSAMA OM KUMIS ANDA PASTI CEPAT BISA

Jumat, 09 September 2011

KETEGASAN LEBIH BERADAB DARI PADA KEKERASAN


Berawal dari kriris moneter  kekerasan di negeri ini muncul kepermukaan. Perampasan hak orang lain seperti penjarahan, perampokan, dan penghilangan nyawa merupakan hal biasa. Akibatnya  Bukan lagi krisis moneter yang terjadi di Indonesia tetapi menjadi krisis multidemensi. Krisis ini menjadi acaman bagi negeri terncinta Indonesia.
Tragedi sampit yang melibatkat suku Madura dengan suku Kalimantan. Tragedi ambaon melibatkan pertkaian antara agama Islam dan kristen. Semua tragedi tersebut memakan korban yang tidak sedikit baik korban materi, psikologi dan jiwa.  Hancurnya berbagai pasilitas umum yang mengakibatkan anak-anak usia sekolah tidak bisa sekolah, alat transportasi , tempat ibadah  semuanya hancur  sehingga melumpuhkan aktifitas  rakyat .
Peristiwa-peristiwa di atas merupakan prilaku yang  bertentangan dengan jiwa bangsa Indonesia. Pancasila adalah jiwanya bangsa indonesia yaitu bangsa yang berketuhanan yang maha esa, berprikemanusia yng adil dan beradab, mengutamakan persatuan ,  selalu mengedepankan musyawarah daripada  anarki, dan selalu  berlalu adil untuk seluruh rakyat Indonesia.
Terinspirasi oleh peristiwa-peristiwa anarki sebelumnya,   prilaku tidak terpuji  terus berlangsung. Jika mengahadapi permasalahan rakyat indonesia lebih memilih turun kejalan dengan berdemo daripada duduk bersama untuk memecahkan masalah.  Teriakan yang tidak santun dan perusakan berbagai pasilitas umum  telah menjadi tradisi demokrasi Indonesia.
Pelaksanaan  demokrasi yang salah kaprah tersebut dipertontonkan pada generasi muda melalui media masa , yang  dikhawatirkan generasi muda  terinspirasi  bahwa anarki yang mereka lakukan adalah satu-satunyanya cara untuk menyelesaikan masalah. Dengan berdemo turun ke jalan merupakan jalan terbaik yang dipilih dari pada duduk bersama untuk mencari mupakat.  Menghalalkan berbagai cara diperbolehkan untuk mencapai tujuan.
Untuk mencegah terkontaminasi  anak bangsa  dengan demokrasi yang lebih menjurus pada anarki. Maka melalui pendidikan dengan kurikulum berkarakter , kita ubah pandangan hidup  siswa sebagai penerus bangsa denan menanamkan  ketegasan  pada dirinya daripada  kekerasan.
Pemahaman  ketegasan  dan kekerasan perlu dilakukan sedini mungkin  perkenalkan pada siswa. Ketegasan  menurut KBBI  adalah(1)  kejelasan, kepastian; (2) keterangan yang jelas  (pasti). Sedangkan kekerasan dalam KBBI memiliki arti (1) perihal yang (bersifat, berciri) keras; (2) perbuatan seseorang  atau kelompok  orang  yang menyebakan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakn pisik  atau barang orang lain; (3) paksaan.
Dengan ketegasan masalah apapun akan berkhir  damai, karena dalam penyelesaian masalah prioritas utama adalah kejelasan permasalah yang dihadapi. Dengan demikian  akan mudah mencari jalan keluarnya sehingga permasalah dengan cepat terselesaikan. Berbeda dengan  penyelesaian masalah dengan kekerasan , pemasaksaan kehendak lebih ditonjolkan, ketidakpuasan diekspresi dengan merusakan fisik fasilitas umum dan milik perorangan.  Amarah yang mengusai jiwa sulit untuk berpikir jernih dalam mencari  kejelasan permasalahan sehingga masalah pun tidak terselesaikan , yang mengakibatkan timbul permasalahan baru.
Pola pikir siswa  perlu di ubah dalam memecahkan masalah. Sebagai pendidik kita berusaha mengarahkan siswa  untuk  mengedepankan ketegasan dari pada kekerasan.Dengan demikian  Diharapkan  lima atau sepulauh tahun ke depan tidak terjadi sikap-sikap  atau prilaku-prilaku yang bertentangan dengan pancasila. Karena karakter  bangsa Indonesia yang sesungguhnya  terdapat dalam Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar